Wednesday, December 16, 2015

Harapan Melalui Balloon Google

TofoTech.com, Masyarakat indonesi khususnya yang berada di daerah – daerah terpencil yang mungkin saat ini memiliki kesulitan dalam neggunakan internet mungkin kali ini akan menui setitik harapan kecil untuk mendapatkan akses internet yang mudah, hal ini dikarenakan adanya projek Balon Internet google atau yang disebut dengan Loon yang mungkin akan diuji coba kemampuanya pada tahun depan.

Balon internet ini dapat diibaratkan seperti tiang pemancar sinyal seluler akan tetapi tiang tiang pemancar ini tidak berada di atas tanah melainkan mengudara yang lebih kurang tingginya 20 kimeter diatas permuakaan bumi di lapisan Stratosfer.

Alasan Balon internet diletakkan dilapisan Stratosfer, adalah karena pada lapisan angin pada bagian Stratosfer memiliki fariasi agin yang berbeda – beda sehingga diharapkan nantinya balon tersebut dapat bergerak mengikuti arah angin dan akan dapat menyebarkan frekuensi sinyal yang kuat. balon ini diharap nantinya koneksi internet sampai dengan 4G LTE dengan jarak jangkauan 40 km dari tempat balon berada.

Memang pada dasarnya balon internet ini masih dalam masa uji coba,  dan dalam percobaan – percobaan sebelumnya balon internet ini selalu keluar jalur atau dapat dikatakan gagal. Akan tetapi pihak google tidak berputus asa kali danterus berusaha dan kali ini Balon Internet yang akan di uji coba diindonesia ini telah mendpatkan dukungan penuh dari Operator kartu sim yang ada di indonesia diantaranya Telkomsel, Indosat dan XL, dan tentu saja kita berharap agar uji coba ini sukses sehingga kualitas internet di indonesia dapat menjadi lebih cepat dan juga wilayah - wilayah terpencil yag seblumnya belum memiliki akses internet dengan ini akan dapat merasakan kenikmatan internet seperti di wilayah perkotaan.

Demikian  sedikit ulasan mengenai Balon internet Google semuga dapat bermanfaat, dan penulis tetap menerima kritik dan saran dari anda.
  

1 comments


EmoticonEmoticon