Monday, November 16, 2015

Aku PHP 7 Bukan PHP 6





Tufotech.com,- Sudah sangat lama kita merindukan produk terbaru dari PHP, setelah terakhirkali pada tahun tahun 2004 PHP meluncurkan produknya yakni PHP 5, setelah itu PHP langsung pergi dan  menghilang bagaikan ditelan bumi. Banyak masyarakat yang sering  berhubungan dengan pembuatan  aplikasi berbasis internet  seperti web site sangat merindukan kehadiranya hingga akhirnya pada bulan desember 2015 PHP kembali bangkit dari mati surinya dengan merilis priduk terbarunya yakni PHP 7.

Para progrmer  yang semenjak tahun 2004  menunggunya pun heran dan terkejut, mengapa PHP yang dilrilis  langsung PHP 7, PHP enam nya mana…?? Daripada anda sekalian kebingungan mikirinnya dan dari pada saya nulisnya makin gelantur lebih baik kita langsung saja memulai pembahasan apakah anda sekalian siap dengan pembahasan ini…?? Hehehe...(samapi mulut pegel)

PHP 7 adalah sebuah perkembangan yang terbaru dalam dunia  aplikasi yang manfaatnya lebih dikhususkan untuk perancangan sebuah website baik untuk desktop maupun  mobile untuk dunia perusaan ataupun  untuk perorangan. PHP 7 merupakan bentuk penyempurnaan dari php 5 yang telah dirilis pada taun 2004, dimana dengan PHP 7 ini dapat mengurangi kinerja dari perlengkapan komponen – komponen komputer seperti, mengurani sumber daya dalam menggunakan memory sehingga komputer tidak akan terasa berat saat memproses perintah dari PHP 7.

Dalam perkembanganya PHP 7 telah menggunakan  system Zend Engine 3.0 yang terbaru , sehingga aplikasi akan terlihat dua kali lipat lebih cepat dan konsumsi memori 50% lebih baik dari PHP 5, sehingga memungkinkan  untuk mengurangi penggunaan memori dalam melayani lebih banyak penggunanya dalam wakrtu yang bersamaan dan tanpa harus menambahkan Hardware apapun.


Sekarang yang menjadi pertanyaan besar kita kenapa yang rilis PHP 7 dan kemana PHP 6 berada…??
Sebenarnya sebelum PHP 7 sudah di rencanakan untuk pengembangan PHP 6 yang didukung dengan beberapa perubahan. Persentasinya juga sudah banyak dilakukan. Akantapi Karena PHP 6 dirancang dengan dukungan unicode menggunakan encoding UTF – 16 sehingga PHP 6 lebih dikenal dengan PHP yang mendukung Unicode, Meskipun belum rilis secara resmi.

Akan tetapi penerapan di level perusahaan untuk  mendukung UTF-16 sulit untuk dilakukan. Setelah dalam waktu  empat tahun berselang  tanpa ada perkembangan berarti, dan pada akhirnya PHP6 pun tidak jadi rilis. hingga sekarang, PHP masih tidak mendukung unicode.


EmoticonEmoticon