Thursday, April 21, 2016

Mengenal Internet of Things (IOT)


Sumber gambar blogs.cisco.com

Tufotech.com,- Seperti yang dituliskan pada artikel sebelumnya sebagaian besar perusahaan software dan gadget seperti Microsoft, Google, Samsung, Apple dan lain sebagainya sedang berlomba – lomba mengembankan system internetnya menjadi system internet of things (IoT).

Internet of Things adalah jaringan dari benda-benda yang saling terhubung satu sama lain melalui internet, dan berkomunikasi secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Hal ini dikarenakan hard ware dan software sudah dapat bekerja secara real time tanpa memerlukan bantuan dari brine ware.

Sistem IoT sangat lah Bermanfaat hal ini dikarnakan manusia mempunya keterbatasan dalam melakukan pengamatan banyak hal dan dalam waktu yang lama terus menerus. Selain itu, sitem pengamatan yang dilakukan secara real menghasilkan pencatatan yang sangat efisien, sengga data yang efisien tersebut akan mudah diolah dan dapat menghasilkan sebuah hasil atau laporan yang sangat akurat.

Secara garis besar system IOT membunyai tiga komponen penting didalamnya yakni : Sensor yang digunakan sebagai sebuah media input atau untuk mengkap berbagai masukan – masukan dari luar tanpa memerlukan campur tangan manusia.

Konektivitas diperlukan agar alat  tersebut dapat saling berkomunikasi antara satu perangkat ke perangkat lain, misalnya pada proses penyimpanan data yang dimana data yang diambil oleh sensor akan disimpan secara otomatis pada media penyimpan

utama dalam perangkat IoT, agar ia dapat membaca nilai sensor, mengirim dan menerima data dari dan ke media penyimpanan, dan juga melakukan serangkaian respon berdasarkan data yang didapat.

Kontrol merupakan hal yang sangat penting pada perangkat IoT, hail ini dikarnekan dengan adanya kontrol perangkat akan dapat membaca data dari sensor, mengirim data kemedia penyimpanan, Menerima data dari media penyimpanan, dan juga melakukan serangkaian respon – respon lainya sesuai dengan data yang diperoleh.

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai system Internet of Things (IoT),  atas perhatianya kami menguncapkan terima kasih. 

1 comments

makasih min,ane jadi mengenalnya :v


EmoticonEmoticon