Monday, April 18, 2016

Internet Untuk Pedesaan


Tufotech.com,- Artikel kali ini bukanlah berisi mengenai  informasi, tutorial atau artikel kali ini lebih tepat disebut sebagai sebuah media tukar pikiran dari sipenulis kepada sipembaca. Internet merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidup saat ini, akan tetapi masih ada beberapa wilayah atau desa di pedalaman indonesia yang masih jauh dari jangkauan internet.

Memang banyak tutorial – tutorial yang tersedia di internet mengenai cara agar wilayah perdesaan dapat menggunakan sistem internet, sistem internet RT RW misalnya dimana sianyal yang ada di daerah yang memiliki sinyal internet yang kuat di kirimkan sejauh puluhan kilometer ke tiang penerima yang ada di wilayah perdesaan.

Akan tetapi dengan sistem tersebut tiap rumah harus memilki antena penerima sinyal masing – masing, yang dimana untuk pembambangunan antena tersebut membutuhkan dana hingga jutaan rupiah. Sehingga tidak semua keluarga dapat membagun antena penangkap sinyal tersebut.

Sebenarnya seblum menulis artikel ini penulis sedang melakukan riset mengenai sistem Internet Untuk Wilayah Perdesaan, sekarang ini kami telah berhasil  menerima sinyal dari antena pemancar yang berjarak puluhan kilometer dari desa yang tidak mendapatkan sinyal internet tersebut. Akan tetapi yang menjadi masalahnya dikarenakan keterbatasan dana, kami tidak dapat membangun tiang atau memasang acsespoin pada tiap rumah agar dapat menggunakan internet.

Melaui artikel ini penulis mengharapkan masukan atau saran dari seluruh pembaca mengenai tehnik – tehnik pembaian sinyal internet seperti sinyal wifi yang dapat merata keseluruh wilayah perdesaan dan dengan menggunakan modal sekecil mungkin.

Demikian artikel kali ini mohon maaf jika artikel ini hanya berisi tentang masalah yang sedang di alami oleh sipenulis, jika anda memiliki saran atau informasi mengenai pembagian sinyal wifi dengan jangkauan yang luas mohon berbagi intformasinya pada bagian koment dibawa ini, Atas perhatian pembaca penulis menguncapkan terima kasih.

3 comments

Kalo kaya gini gimana gan?
misalnya ada satu tempat untuk menangkap sinyal di pedesaanl lalu disebarkan seperti wifi

semoga masyarakat Indonesia mulai banyak mengenal internet ya alias ga buta internet hehe


EmoticonEmoticon